Monday, October 29, 2012

Membuat garis dengan menggunakan titik


-Membuat garis diagonal dengan menggunakan titik-


keterangan: 
glClearColor(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna pada latar.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPointSize(5.0f); untuk menentukan ukuran titik. 
glBegin(GL_POINTS); Untuk menggambar garis dengan menggunakan titik (point).
glPushMatrix (); untuk Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glVertex3f(0,0,-0, 0); Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.9, 0.9, 0.0); Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.7, 0.7, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.5, 0.5, 0.0); Untuk menentukan titik  pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.3, 0.3, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.1, 0.1, 0.0); Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.2, 0.2, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.4, 0.4, 0.0); Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.6, 0.6, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.8, 0.8, 0.0);
 Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Setelah itu tekan F9 untuk mengcompile program, dan F10 untuk menjalankan program.
 Maka saat dirunning akan seperti gambar dibawah ini :


-Membuat garis horizontal dengan menggunakan titik-


keterangan: 
glClearColor(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f) untuk memilih warna pada latar.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPointSize(5.0f); untuk menentukan ukuran titik. 
glBegin(GL_POINTS); Untuk menggambar garis dengan menggunakan titik (point).
glPushMatrix (); untuk Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glVertex3f(0.0, 0.0, 0.0); Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.9, 0.0, 0.0); Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.8, 0.0, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.7, 0.0, 0.0); Untuk menentukan titik  pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.6, 0.0, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.5, 0.0, 0.0); Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.4, 0.0, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.3, 0.0, 0.0); Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.2, 0.0, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.1, 0.0, 0.0);
 Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Setelah itu tekan F9 untuk mengcompile program, dan F10 untuk menjalankan program.
 Maka saat dirunning akan seperti gambar dibawah ini :


-Membuat garis vertikal dengan menggunakan titik-



keterangan :
glClearColor(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f) untuk memilih warna pada latar.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPointSize(5.0f);  Untuk menentukan ukuran titik.
glPushMatrix ();  Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_POINTS);  Untuk menggambar garis dengan menggunakan titik (point).
glVertex3f(0.0, 0.0, 0.0);
 Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.0, 0.9, 0.0); Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.0, 0.8, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.0, 0.7, 0.0); Untuk menentukan titik  pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.0, 0.6, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.0, 0.5, 0.0); Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.0, 0.4, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.0, 0.3, 0.0); Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.0, 0.2, 0.0);
 Untuk menentukan titik pada koordinat yg ditentukan
glVertex3f(0.0, 0.1, 0.0);
 Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();  Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix ();
  Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);  Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);

Setelah itu tekan F9 untuk mengcompile program, dan F10 untuk menjalankan program.
 Maka saat dirunning akan seperti gambar dibawah ini :



No comments:

Post a Comment